You are currently viewing 14 Manfaat Berolahraga Bagi Pekerja Kantoran yang Super Sibuk

14 Manfaat Berolahraga Bagi Pekerja Kantoran yang Super Sibuk

Masyarakat kini lebih banyak menghabiskan harinya untuk bekerja dan seringkali, sebagian besar dari mereka tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga. Apalagi pekerja kantoran, berolahraga sudah pasti tidak sempat tercantum dalam jadwal rutinitas mereka.

Hal ini sangat disayangkan. Padahal, olahraga mempunyai banyak manfaat, terutama untuk pekerja kantoran yang kegiatan sehari-harinya didominasi oleh pengejaran deadline. Apakah Sahabat Kaef termasuk ke dalam golongan pekerja kantoran yang jarang berolahraga?

Jika benar, tidak perlu menyalahkan diri sendiri. Tidak ada kata terlambat selagi  mau mencoba dan menjadwalkan waktu untuk berolahraga. Karena, dengan melakukannya secara rutin maka akan mendapatkan 15 manfaat olahraga sebagai berikut ini.

  1. Mengontrol berat badan

Pekerja kantoran biasanya mempunyai kebiasaan makan dengan jumlah kalori yang banyak dari apa yang tubuh mereka perlukan. Contohnya, mereka biasa memulai pagi mereka dengan kopi susu, lalu di sela-sela waktu kerja mereka biasa makan camilan.

Setelah makan siang, para pekerja kantor seringkali makan camilan lebih banyak. Belum lagi jika mereka lembur, bisa-bisa camilan yang mereka konsumsi bertambah, sembari mengerjakan deadline.

Nah, dengan pola makan yang seperti itu, sudah pasti berat badan pekerja kantoran memiliki risiko untuk mengalami kenaikan. Namun, hal itu tidak akan terjadi jika mereka meluangkan waktu sepulang kantor untuk berolahraga.

Karena saat berolahraga, tubuh melakukan aktivitas fisik dan berujung pada pembakaran kalori. Jadi, semakin rutin olahraga yang dilakukan, semakin banyak pula kalori yang dibakar. Kemudian berat badan pun menjadi terkontrol dengan baik.

  1. Mencegah penyakit jantung dan stroke

Mempunyai atasan yang hobi memberikan informasi dan deadline secara mendadak? Tidak perlu takut terkena penyakit jantung. 

Mengerjakan tanggung jawab rekan kerja yang telah resign ditambah tugas kantor milik  sendiri yang belum selesai? Tidak perlu takut terkena stroke.

Penyakit jantung dan stroke dapat dicegah dengan rutin berolahraga setiap hari. Dengan rutin melakukan hal ini, otot jantung akan lebih kuat, tekanan darah menjadi turun, tingkat kolesterol baik high-density lipoprotein (HDL) meningkat seiring dengan menurunnya kadar kolesterol jahat low-density lipoprotein (LDL), serta kemampuan jantung mengalirkan darah pun menjadi lancar.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat olahraga ketiga ini didapat melalui berkurangnya lemak tubuh. Dengan berolahraga secara rutin, lemak tubuh yang menyumbat pembuluh darah pun dapat dikeluarkan melalui keringat.

  1. Mencegah nyeri punggung

Nyeri punggung sudah pasti menyerang pekerja kantor yang kegiatan sehari-harinya duduk di depan komputer. Namun, jika sebagai pekerja kantor menyempatkan waktu untuk rajin berolahraga, maka akan terhindar dari nyeri punggung.

Hal ini disebabkan bahwa olahraga rutin dapat meningkatkan kekuatan serta ketahanan otot, begitupun fleksibilitas tubuh.

  1. Mengendalikan diabetes

Selain darah tinggi, dampak penumpukan lemak juga dapat mengakibatkan diabetes. Diabetes hadir ketika pekerja kantoran tidak mengontrol asupan lemak dan jarang pula berolahraga. Jadi, pembakaran lemak pun tidak pernah berlangsung dan hal ini menyebabkan penumpukan. Maka, sebagai pekerja kantoran sebaiknya memulai untuk berolahraga secara rutin jika tidak ingin terserang diabetes.

  1. Mencegah obesitas

Massa otot Sahabat Kaef mengendur karena bekerja siang malam dengan minim pergerakan fisik? Berolahragalah mulai dari sekarang, karena manfaat olahraga yang satu ini akan membuat massa otot terbangun dan metabolisme tubuh pun meningkat.

Apalagi jika disertai asupan nutrisi yang seimbang, olahraga bisa membantu penurunan berat badan sekaligus pencegahan obesitas yang memancing berbagai penyakit.

  1. Mencegah osteoporosis

Belum seberapa tua namun  sering mengalami nyeri punggung? Bisa saja sedang mengalami osteoporosis karena terlalu banyak duduk di kantor.

Namun, tidak perlu cemas. Manfaat olahraga ketujuh yakni pencegahan osteoporosis bisa didapatkan karena pembentukan tulang terjadi dengan berolahraga secara teratur. 

  1. Menunda keterbatasan fisik di usia senja

Pekerja kantoran akan menua sebelum waktunya karena tekanan yang didapat sehari-hari. Ketika di usia senja, sudah pasti mereka akan mengalami keterbatasan fisik.

Hal ini tidak perlu dikhawatirkan selagi pekerja kantoran berolahraga secara rutin. Karena, dengan melakukan olahraga seperti berlari atau latihan aerobik, keterbatasan fisik di usia senja dapat ditunda.

  1. Mengurangi stress

Manfaat olahraga kali ini bekerja seperti antidepresan. Hal ini terjadi ketika berolahraga, kalori dalam tubuh terbakar. Namun tidak hanya itu, dan pembentukan imun akan terjadi. 

Jadi, olahraga bisa dibilang sangat memberi dampak positif untuk pekerja kantoran yang mengemban stress berlebih karena pekerjaannya. 

Dengan kata lain, olahraga merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk mengurangi stress  secara cuma-cuma. 

  1. Mengoptimalkan kinerja otak

Berolahraga secara rutin dapat melatih fungsi kognitif otak untuk fokus ketika melakukan suatu kegiatan. Maka dari itu, fokus ketika bekerja bisa didapat jika berolahraga secara rutin. 

Hal ini merujuk pada manfaat olahraga kesepuluh, yakni meningkatkan kinerja otak. Ketika kinerja otak meningkat, penyimpanan memori di dalam otak pun mampu terjaga, mengakibatkan inovasi baru dapat diperoleh guna melaksanakan pekerjaan yang menumpuk.

  1. Meningkatkan energi

Saat olahraga, sudah pasti pengurasan energi terjadi. Akan tetapi, hal ini berdampak positif karena setelahnya, daya tahan tubuh dapat terbentuk, sehingga dapat membangun energi di dalam tubuh. Selain hal tersebut, pola makan sehat wajib disertai agar daya tahan tubuh tidak bermasalah.

Dalam hal ini, energi yang diperoleh dari olahraga secara rutin mampu memudahkan pekerja kantoran untuk beraktivitas. Dampak positifnya, kondisi tubuh tetap fit serta tidak gampang lelah. Jadi, segala pekerjaan bisa dilakukan secara cepat dan tepat.

  1. Meningkatkan mood

Saat melakukan aktivitas olahraga berlari, fase peralihan berlangsung dalam tubuh. Napas kian bertambah berat, hingga disusul oleh meningkatnya detak jantung. Setelah itu, tubuh akan melepaskan senyawa biokimia yang dapat memunculkan perasaan bahagia, yakni endocannabinoid. Senyawa ini dapat tercipta di dalam aliran darah. Sehingga dapat memberikan ketenangan dan kebahagiaan pada tubuh.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Apakah Sahabat Kaef sulit untuk memejamkan mata karena memikirkan pekerjaan yang menumpuk? Olahraga rutin bisa membuat tidur lebih berkualitas. Namun, sebaiknya menghindari berolahraga dengan jarak waktu tidur yang terlalu dekat karena akan membuat kualitas tidur menjadi buruk.

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Manfaat olahraga yang terakhir adalah peningkatan percaya diri. Seperti yang telah tersebut pada nomor sebelumnya, olahraga dapat memberi bentuk tubuh yang baik pada diri. Jadi, kepercayaan diri pun meningkat.

Nah, begitulah berbagai manfaat olahraga yang akan didapat pekerja kantoran jika rutin melakukannya. Selain berolahraga, pekerja kantoran sebaiknya juga rajin mengkonsumsi multivitamin dan menjaga asupan nutrisi sehingga meningkatkan daya imun dalam tubuh. Kini di Kimia Farma Mobile, Sahabat Kaef bisa cek kebutuhan obat rutin, multivitamin hingga melakukan booking test covid-19. Tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Kimia Farma Mobile sekarang juga di App Store atau Google Play !

Sumber

https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-exercise

https://economy.okezone.com/read/2020/12/22/622/2332191/5-manfaat-olahraga-untuk-pekerja-kantoran-super-sibuk